Industri Pengolahan Catatkan Nilai Ekspor 111 Miliar Dolar As

Komoditas ikan hias yang sangat diminati oleh pasar ekspor di antaranya tetra, rasbora dan udang hias. Adapun kolektor peminat ikan-ikan hias ini antara lain berasal dari 51 negara, dimana 3 besar di antaranya diantaranya Jepang, Amerika Serikat dan Singapura. Dia juga menyatakan bahwa ekspor perikanan harus lebih dulu memperhatikan kebutuhan dalam negeri. “Di tengah pandemi, peluang perdagangan ikan merupakan hal yang positif, namun perlu mempertimbangkan pemenuhan kebutuhan dalam negeri,” tambahnya.

Ekspor Ikan

“Ini agak rancu. Presiden mendorong pendapatan negara di sektor pajak, tetapi di lain pihak kegiatan ekspor ikan hidup dibatasi hanya enam kali dalam satu tahun,” katanya. Akibat persoalan pengangkutan itu, sekitar four hundred ton ikan kerapu hidup belum bisa diekspor. Dikatakannya, BKIPM selalu siap mendukung dengan penjaminan mutu dan keamanan hasil perikanan serta penjaminan kesehatan ikan melalui sertifikasi Hazard Analysis Critical Control Point dan Cara karantina Ikan yang Baik . Selain itu, Rina memastikan jajarannya berkomitmen untuk percepatan dan peningkatan kualitas pelayanan, baik untuk penerbitan Health Certificate, HACCP dan CKIB.

Jakarta – Indonesia saat ini tengah mengupayakan peningkatan ekspor di sektor perikanan. Maka dari itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan menjalin kerja sama dengan pemerintah Jepang untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini sebagai dampak dari pandemi COVID-19 yang menghambat penyediaan enter sarana produksi.

Kebijakan tersebut akan memudahkan para pengusaha perikanan Indonesia melakukan ekspor langsung. Darilaut – Ikan hias termasuk salah satu komoditi perikanan yang menjadi unggulan ekspor Indonesia di masa Pandemi Covid-19. KKB melakukan penyerangan melempari puskesmas dengan batu dan membakar puskesmas dan rumah yang menjadi tempat tinggal para nakes. “Mengingat pentingnya industri perikanan yang bisa menjadi pengungkit ekonomi dan market share kita ke Tiongkok, kita pastikan bahwa KKP khususnya BKIPM akan berbuat semaksimal mungkin,” tutupnya. Industri PT Dempo Andalas Samudera dapat menampungprocessingikan berkapasitas 20 ton.

Salah satu yang perlu disiapkan adalah coldstorage untuk menampung ikan hasil tangkapan nelayan dan menjaga kualitasnya. Menurut Shinta, ekspor perdana ini adalah bukti ketangguhan masyarakat Maluku Utara untuk terus berusaha tumbuh di tengah pandemi Covid-19. Ia berharap semua pihak bersama-sama mendorong ekspor berbagai produk lain langsung dari Pelabuhan Ternate. Menurut dia, dengan melakukan ekspor perikanan langsung dari Ambon ke Jepang bisa memangkas waktu hingga 50 persen. Dari sisi nilai ekspor, lonjakannya sebesar 16,sixty eight persen di tengah kondisi pandemi,” tuturnya.

Penerbangan kargo ikan langsung ke Singapura, Jepang, dan Tiongkok juga ada dari Makassar, Manado, Surabaya, Bali, Jakarta, Medan, dan Batam. Untuk jalur laut, terutama ikan beku, ada dari pelabuhan besar mulai dari Medan, Batam, Jakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Bitung, dan Ambon. Kita di Bea Cukai punya fasilitas untuk mendukung ekspor, dan dengan sepenuh hati serta sekuat tenaga kami siap bekerja untuk kemajuan Ternate,” ujarnya. Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Ternate Shinta Dewi Arini mengatakan, di tengah perekonomian Indonesia yang menyusut karena pandemi, ekspor yellowfin tuna beku perdana itu menjadi tantangan tersendiri.

Ekspor komoditas kelautan dan perikanan nasional selama Januari-April 2021 menunjukkan meningkat four,15% sebesar USD1,seventy five miliar. Peningkatan nilai ekspor itu membantu pencapaian goal ekspor produk kelautan dan perikanan tahun 2021 sebesar USD6,05 miliar. Belakangan, selain ekspor ikan dalam bentuk tradisional, yakni ikan beku dan segar, ada permintaan ikan hidup, yang perlu kemasan khusus.

Comments are Disabled