Kelemahan Kualitas Sdm Indonesia

Meja itu di tengah-tengah corridor sehingga orang yang ingin menikmati kudapan bisa datang dari sebelah kanan dan kiri. Namun karena mereka sudah terbiasa dengan budaya antri, semua orang berbaris rapi dari sebelah kanan untuk menunggu orang lain mengambil kudapan satu persatu. Sang panitia sampai berteriak-teriak, “Kalian bisa kok mengambil dari sebelah sini ”. Tetapi orang-orang disana tetap antri dan menunggu hingga orang-orang di depannya selesai mengambil. Character educationseharusnya dilakukan sejak dini, yaitu sejak masa kanak-kanak. Pendidikan ini bisa dilakukan di lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan, serta memanfaatkan berbagai media belajar.

Melatih sikap toleran kita

Tidak ada salahnya jika kita peduli dan berbagi kebahagiaan kecil dengan mereka. Tidak sedikit dari anak-anak ini ingin mengambil peran orangtua yang sedang memasak menu favoritnya yang tentunya dengan kreasi mereka sendiri. Hal ini juga penting untuk melatih kemandirian anak, terutama untuk anak-anak yang memiliki orang tua yang aktivitasnya tinggi apabila sewaktu-waktu mereka ditinggal tugas orangtuanya dan harus menyiapkan makanannya sendiri. Tetapi yang harus diingat adalah tanamkan pengertian pada anak tentang penggunaan kompor yang baik dan benar agar terhindar dari resiko kebakaran. Namun yang pasti sebagai bangsa dan sebagai umat, diakui atau tidak, budaya antri belum menjadi kesadaran massif dalam budaya kita. Perlu terus dibangun kesadaran kolektif tentang pentingnya budaya antri ini sebagai perwujudan dari nilai-nilai karakter bangsa.

Perawat juga bisa menanyakan kepada pendengar apakah ia berbicara terlalu lambat atau terlalu cepat dan perlu untuk diulang. Komunikasi tidak akan berhasil, jika pengirim pesan tidak mampu menerjemahkan kata dan ucapan. Banyak istilah teknis yang digunakan dalam keperawatan dan kedokteran, dan jika ini digunakan oleh perawat, klien dapat menjadi bingung dan tidak mampu mengikuti petunjuk atau mempelajari informasi penting. Daripada mengatakan “Duduk, sementara saya akan mengauskultasi paru-paru anda” akan lebih baik jika dikatakan “Duduklah sementara saya mendengarkan paru-paru Anda”. Komunikasi adalah proses individu mengirim stimulus yang biasanya dalam bentuk verbal untuk mengubah tingkah laku orang lain.

Berbagai keberagaman yang dimiliki setiap orang, yaitu keberagaman suku, budaya, agama, hingga ras dapat menumbukan sikap toleransi. Jika anda bisa memahami bahwa Tuhan menciptakan manusia memang berbeda, pasti anda akan mudah mebangun sikap toleransi dalam diri anda. Manusia hidup dengan cara yang berbeda jelas itu diluar kuasa anda, dan anda tidak bisa membentuk dan memaksakan mereka sama. Masyarakat Indonesia yang beragam dari berbagai aspek, membutuhkan sikap toleransi untuk menjaga keutuhan.

Masing-masing orang memiliki pandangannya sendiri tentang Tuhan dan dunia, dan perbedaan keyakinan adalah sesuatu yang tidak dapat dielakkan. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya agama, aliran, denominasi, mazhab, dan tarekat di seluruh dunia. Semuanya menganggap diri benar, terlepas jumlah pengikutnya banyak atau sedikit. Pada 1908, para mahasiswa di Batavia mendirikan asosiasi Budi Utomo, kelompok politis pribumi yang pertama. Peristiwa ini dianggap sebagai saat kelahiran nasionalisme Indonesia. Hal ini memulai tradisi politik kerja sama antara elit muda Indonesia dan para pejabat pemerintahan Belanda yang diharapkan untuk membantu wilayah Hindia Barat mencapai kemerdekaan yang terbatas.

Comments are Disabled