Peran Guru Dalam Pendidikan

Setelah itu ketika pertama masuk kelas memperkenalkan diri dengan hangat dan senyum karena ada beberapa siswa yang dekat dengan guru-guru muda yang friendly dibanding guru-guru senior. Apabila ada beberapa siswa yang tidak bisa diatur adanya hukuman yang sesuai dengan aturan sekolah. Jika saya di posisi guru baru tersebut saya akan mencoba untuk menenangkan diri dahulu, agar dapat berpikir dengan jernih untuk memikirkan langkah selanjutnya. Untuk menjalin kominikasi dengan para guru senior di sekolah tersebut, saya akan selalu berkomunikasi dan meminta saran kepada mereka, tentunya dengan Bahasa yang baik, sopan dan dengan tingkah laku yang sopan disaat berkomunikasi. Jadi, guru adalah orang dewasa yang secara sadar bertanggung jawab dalam mendidik, mengajar dan mem- bimbing peserta didik.

Pandangan-pandangan masyarakat yang bersifat positif dan bersifat negatif terhadap sekolah cenderung tergantung pada bagaimana masyarakat tersebut memandang sekolah. Oleh karena itu, para guru harus tetap menjaga hubungan yang terbuka dan positif dengan para orangtua siswa di mana anak-anak mereka bersekolah. Menurut Reinman & Sprinthall , pembimbingan merupakan bagian dari supervisi.

Mendidik junior, dan anak didik menjadi pribadi yuang lebih baik

Ada kesan bahwa selama ini pemerintah kurang peduli dengan berbagai persoalan yang dihadapi guru dalam kegiatan pembinaan, pengembangan ataupun peningkatan kompetensi dan kualifikasi keilmuan guru selaku tenaga pendidik terutama bagi guru yang bukan PNS. Pembinaan guru mempunyai esensi “professional growth”dengan esensi pokoknya adalah keahlian teknis serta perlu ditunjang oleh kepribadian dan sikap profesional. Dengan pembinaan ini guru diharapkan dapat mengenal hambatan-hambatan, baik yang di luar maupun di dalam situasi hidup dan kerjanya, melihat segi-segi positif dan negatifnya serta menemukan pemecahan-pemecahan masalah yang terjadi. Diberbagai lembaga Pendidikan, hendaknya pemberian hukuman pada pelanggaran atau perilaku menyimpang siswa hendaknya memperhatikan nilai dan norma yang berlaku. Selain tentunya islam melarang pemberian hukuman yang bersifat pembebanan dan pembenturan fisik, islam juga menganjurkan berlaku lemah lembut dalam setiap masalah atau pemberian hukuman terhadap siswa. Pondok Pesantren adalah lembaga Pendidikan yang setiap guru dan atau ustadz/ustadzah yang dalam istilah lain disebut pendidik hendaknya sudah dibekali pedoman SOP dan tatacara dalam pemberian hukuman / iqob terhadap santri yang melanggar aturan.

Menurut Wendy, ia ingin sang anak bisa lancar berkomunikasi dengan orangtua tanpa hambatan. Wendy tidak mau menjadi orangtua yang membatasi tumbuh kembang sang anak. “Pertama sih gue didik anak untuk jujur. Kedua gue mau mereka menjadi pribadi yang bebas, tapi bertanggung jawab,” ujar Wendy dalam wawancara di Gedung Trans, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Dengan kepribadian yang pantas untuk dijadikan teladan dan penerapan metode belajar yang memadai, Rasulullah mampu menciptakan generasi dan lingkungan yang bernuansa penuh keilmuan, akhlak yang mulia, dan ber-agama. Sehingga tercipta tujuan pendidikan yang dapat berpengaruh positif pada lingkungan sekitar. Dalam sudut pandang keseragaman kemampuan peserta didik dalam memahami suatu switch ilmu pengetahuan, Nabi Muhammad saw sangat memperhatikan kondisi kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik dalam setiap aktivitas pengajaran. Beliau senantiasa memberikan pengajaran kepada peserta didik beliau sesuai dengan kadar pemahaman peserta didik. Beliau tidak mengajarkan kepada peserta didik pemula sesuatu hal yang beliau ajarkan kepada peserta didik senior. Beliau juga tidak mengucilkan peserta didik yang masih junior terhadap peserta didik yang sudah senior.

Kini sudah saatnya islam membenahi Pendidikan mereka dengan mencarikan solusi atas pelanggaran dan perilaku menyimpang siswa. Sebab pemberian hukuman dalam bingkai ketegasana hendaknya tidak dibenturkan dengan pelegalan terhadap perlakuan fisik atas pemberian hukuman pada siswa. Sebab pemberian hukuman dengan cara pembenturan fisik harus dengan koridor dan aturan yang dalam islam juga digariskan.

Comments are Disabled