Peranan Penting Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak

Actuating,berkenaan dengan fungsi manejer untuk menjalankan tindakan dan melaksanakan pekerjaan yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi.Actuatingmerupakan implementasi dari apa yang direncanakan dalam fungsiplanningdengan memanfaatkan persiapan yang sudah dilakukan dalam organisasi. Planning,merupakan langkah pertama yang harus dilakukan seorang manejer. FungsiPlanningmencakup tujuan organisasi, mengembangkan strategi menyeluruh untuk mencapai tujuan dan mengembangkan hierarki komprehensif dari rencana untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan kegiatan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Ketiga, kata Wendy, ia mencoba mendidik anak-anaknya agar menjadi pribadi yang pemberani.

Pada saat inilah, remaja mulai dihadapkan dengan realita dan tantangan untuk menyesuaikan impian dan angan-angan mereka dengan kenyataan. Para remaja juga sering menganggap diri mereka serba mampu, sehingga seringkali mereka terlihat tidak memikirkan akibat dari perbuatan mereka. Tindakan impulsif sering dilakukan; sebagian karena mereka tidak sadar dan belum biasa memperhitungkan akibat jangka pendek atau jangka panjang.

Dasar kaedah ini adalah bahwa pengajaran yang dilakukan melalui keteladanan yang didapatkan oleh peserta didik dari widyaiswara / gurunya lebih baik dari pada sekadar menyampaikan pemikiran melalui lisan kepada peserta didiknya. Begitu pula bila seorang widyaiswara / guru yang hanya memberikan nasehat-nasehat berupa akhlak yang mulia, tetapi tingkah laku guru / widyaiswara tersebut sangat berlawan dengan yang disampaikannya, dapat menimbulkan kegagalan dalam memberikan keteladanan terhadap peserta didik. Sehingga untuk dapat dijadikan sebagai sebuah keteladan, seorang widyaiswara / guru harus dapat memberikan pemikiran-pemikiran berupa nasehat-nasehat akhlak serta mampu untuk mengaplikasikannya pada kepribadiannya. Nah, sebagai penutup, sebaiknya dibuat juga surat pernyataan yang ditandatangani oleh orang tua/wali siswa. Isi surat tersebut adalah kesepakatan untuk menaati peraturan dan sanksi yang dikenakan jika melakukan pelanggaran.

Jangan pula memukul kepala, karena akan membahayakan otak atau syaraf lainnya di kepala. Oleh karena itu, apabila hukuman harus dilakukan maka pendidik memilih hukuman yang paling ringan akibatnya. Dan apabila hukuman fisik harus dijatuhkan maka pendidik memilih anggota badan lain yang lebih aman dan kebal terhadap pukulan seperti, pantat dan kaki. Namun secara umum, sanksi mendidik adalah sanksi yang mengarah pada pembenahan mental dan karakter peserta didik menuju karakter Qur’ani. Pengertian guru dalam pendidikan adalah tenaga profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah . Oleh karena itu, guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Mendidik junior, dan anak didik menjadi pribadi yuang lebih baik

Namun seiring waktu berjalan, bangsa Indonesia yang dulunya terkenal karena karakter kebangsaannya dengan segala sikap yang santun dan berbudaya sudah hilang dari jati diri bangsa kita. Kini, karakter masyarakat Indonesia tidak sekuat pada masa lalu, sudah sangat rapuh. Daya juang bangsa ini nyaris hilang ditelan berbagai godaan kepentingan-kepentingan politik. Kita tidak bisa menutup mata tentang masalah yang marak terjadi di Bumi Pertiwi Indonesia, yang bahkan banyak menyerang genrasi harapan bangsa.

Comments are Disabled