Petani Pati Didorong Tanam Komoditas Ekspor Kacang Tanah

Tommy berharap dengan kegiatan koordinasi ini dapat meningkatkan kerja sama serta komitmen dari berbagai pihak sehingga dapat mewujudkan kegiatan ekspor khususnya di pulau Flores dan sekitarnya. Sementara itu dari wilayah Flores, Bea Cukai Labuan Bajo turut menggali potensi ekspor melalui program ‘Gerakan Flores Mengekspor’ dalam rangka mendukung program pemulihan ekonomi nasional . Diharapkan dengan adanya sinergi antar instansi ini, UMKM dapat merambah ke kancah internasional dengan kualitas yang tidak kalah saing dengan produk negara lain. Liputan6.com, Jakarta Bea Cukai kembali menjalin sinergi dengan instansi lain dalam rangka menggali potensi ekspor dan mendorong terwujudnya ekspor dari berbagai daerah. Kali ini sinergi dilakukan oleh Bea Cukai Gresik dan Bea Cukai Labuan Bajo di masing-masing wilayah.

Sriyanto menegaskan bahwa, acara pelepasan ekspor tersebut ditujukan agar masyarakat dan instansi terkait mengetahui potensi yang ada di daerahnya dan diharapkan bisa saling bahu menbahu mengangkat potensi tersebut. Barantan lewat program Agro Gemilang juga menurutnya bisa membantu para calon eksportir agar dapat menyiapakan komoditasnya sesuai persyaratan SPS dari negara tujuan. “Para calon eksportir dapat mengikuti berbagai pelatihan menyiapkan komoditas yang sesuai dengan persyaratan negara tujuan,” jelasnya.

Segera cek kebijakan Lartas produk ekspor sahabat UKM dilihat dari HS Code nya. Karenanya, perlu dilakukan peningkatan nilai ekonomis intan Indonesia di pasar global. Salah satunya adalah diharuskan mengikuti standar yang ditetapkan KPCS yang telah diadopsi oleh para negara produsen intan. Jadi, untuk dapat mengekspor intan, pelaku usaha wajib mendapatkan Persetujuan Ekspor Intan dan Verifikasi Surveyor yang ditunjuk Kementerian Perdagangan. Akan tetapi, untuk mengekspor barang yang dibatasi ini, hanya bisa dilakukan oleh eksportir yang sudah memiliki badan usaha. Jika sahabat UKM ingin mengekspor barang-barang yang berkaitan dengan cagar budaya, maka ada 3 barang yang dilarang ekspor.

Sebab, ekspor hanya bisa dilakukan melalui fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral supaya mineral ikutan timah tersebut memiliki nilai tambah. Sehingga sangat mendukung untuk masuknya akivitas ekspor impor melalui Pelabuhan Malahayati dalam meningkatkan daya saing harga barang di Aceh”, jelas Fiona. Banyak juga yang menanyakan apakah bisa untuk mengekspor timah batangan yang dibutuhkan oleh berbagai industri manufaktur. Namun pemerintah juga melakukan pengawasan terhadap ekspornya untuk menjaga ketersediaan bagi industri dalam negeri.

Namun demikian, permintaan komoditas global terbantu oleh peningkatan konsumsi Amerika Serikat dan China sebagai konsumen komoditas terbesar di dunia. Di sisi lain, kesepakatan OPEC untuk memangkas produksi minyak mentah menjadi salah satu katalis positif bagi harga komoditas. Pasalnya, minyak merupakan komoditas strategis yang berpengaruh pada setiap lini perdagangan. Sementara itu, kemenangan Donald Trump sebagai Presiden AS bakal meningkatkan kebijakan fiskal dan pembangunan infrastruktur, sehingga menaikkan proyeksi penyerapan komoditas logam. Tembaga misalnya, akan mengalami peningkatan 7% pada 2017 menjadi US$5.575 per ton bahkan ada peluang harga dapat mencapai US$6.000 per ton.

Ekspor tanah

NLE merupakan kanal yang memfasilitasi kolaborasi sistem informasi antar instansi pemerintah dan swasta untuk penyederhanaan dan sinkronisasi. Adapun penyederhanaan itu terkait arus informasi dan dokumen dalam kegiatan ekspor-impor di pelabuhan dan kegiatan perdagangan atau distribusi barang dalam negeri melalui berbagai data, simplikasi proses bisnis, penghapusan repetisi, serta duplikasi. Dengan NLE maka terjadi proses integrasi antara INSW, Inaport, Inatrade, CEISA, sistem trucking, sistem gudang, sistem transportasi, sistem terminal operator, dan lainnya. Pada 2016, komoditas mengalami reli di awal tahun karena munculnya tanda-tanda upaya menyeimbangkan pasar. Namun, reli terhenti pada paruh kedua setelah referendum Britania Raya menghasilkan keputusan British Exit , sehingga meningkatkan kekhawatiran prospek pertumbuhan international.

Para petani skala kecil memproduksi sekitar forty persen dari whole produksi Indonesia. Namun kebanyakan petani kecil ini sangat rentan keadaannya apabila terjadi penurunan harga minyak kelapa sawit dunia karena mereka tidak dapat menikmati cadangan uang tunai seperti yang dinikmati perusahaan besar. Sementara itu, pemerintah di berbagai negara sedang mendukung pemakaian biofuel.

Pemerintah Indonesia menandatangani moratorium berjangka waktu dua tahun mengenai hutan primer yang mulai berlaku 20 Mei 2011 dan selesai masa berlakunya pada Mei 2013. Setelah habis masa berlakunya, Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono memperpanjang moratorium ke dua tahun selanjutnya. Moratorium ini mengimplikasikan pemberhentian sementara dari pemberian izin-izin baru untuk menggunakan space hutan hujan tropis dan lahan bakau di Indonesia.

Namun kapasitas produksi saat ini cuma mampu memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Pemerintahan Joko Widodo berjanji akan meningkatkan kapasitas produksi dengan membuka lahan baru dan mengembangkan varian padi yang lebih efektif. Pertamina berencana mengekspor minyak tanah karena kelebihan stok akibat program konversi elpiji. Stok minyak tanah Pertamina saat ini mencapai 47,2 hari dari stok regular 25 hari. Namun Pertamina belum menentukan pasar yang akan menyerap kelebihan minyak tanah tersebut.

Comments are Disabled