Sosok Guru Profesional Yang Ideal Ala Ki Hajar Dewantara

Jadi sebagai contoh, untuk murid yang sulit untuk bisa duduk, diam, dan memperhatikan guru di depan ketika pelajaran berlangsung dan berhubung di kelas hanya bisa duduk saja, akhirnya murid ini akan bosan dan akhirnya berisik sendiri atau mengobrol dengan teman. Jadi dengan memberikan metode belajar yang melibatkan aktivitas semisal dengan mengadakan diskusi kelompok atau video games yang menyenangkan. Dengan begitu, energi murid bisa tersalurkan secara positif dan bukannya malah mengobrol dengan temannya. Seorang guru ketika dia bisa membuat suasana yang menyenangkan ketika mengajar di kelas, menurut saya iya bisa untuk mengurangi sikap murid yang sulit diatur. Kalau menurut saya, semua guru punya cara mereka untuk mengatasi rasa panik diri mereka masing-masing. Karena pada studi kasus nya para peserta didik nya saja katanya aktif.

Beragam buku, seminar, talk show, dan juga artikel dibuat dengan tujuan untuk memberikan motivasi kepada audience-nya. Tapi tenang saja, artikel yang saya tulis di sini bukan berisi tentang pesan yang membangun motivasi atau ideas semacam itu. Saya jamin Anda tidak akan lebih termotivasi setelah membaca tulisan saya ini. Jadi, jika Anda datang ke sini untuk mendapatkan motivasi, rasanya tulisan ini bukanlah bacaan yang tepat, karena memang bukan itu tujuan saya. Menurutnya, dengan adanya pengabdian masyarakat, bisa mendapatkan banyak pengalaman.

Mendidik junior, dan anak didik menjadi pribadi yuang lebih baik

Untuk mengatasi hal tersebut mungkin yang saya akan lakukan yaitu mencoba untuk masuk dan mengenal kisah di dalam kelas tersebut supaya saya tahu sifat dan karakter siswa yang saya akan ajar. Dan saya mencoba untuk membuat rasa nyamannya mereka dan akrab dengan murid-murid saya dengan memberi beberapa kata motivasi yang akan membangkitkan semangat belajar mereka nantinya. Kemudian mulai untuk mengalihkan ke materi ajar yang akan saya sampaikan kepada murid-murid. Dan ketika dipilih langsung menjadi wali kelas, maka saya akan mencoba memberitahukan dan memberi pengertian kepada anak didik saya supaya mereka pun tahu bahwa saya guru baru dan belum memiliki banyak pengalaman menjadi wali kelas dan mengajak murid-murid untuk saling bekerjasama membangun kelas. Di samping itu kualitas sumber- daya manusia suatu bangsa tidak dapat dilepaskan dari mutu suatu pendidikan, yang di dalamnya terdapat peran pendidik yaitu guru, sehingga manajemen sumber daya manusia di- bidang pendidikan menempatkan guru sebagai sumber daya utama dalam penyelenggaraan pendidikan.

Sebaiknya, beritahu saja siswa untuk menggunting rambut sepulang sekolah. Kalau belum juga dilaksanakan, berkoordinasilah dengan pihak orang tua/wali. 3.mempersiapkan perangkat administrasi wali kelas dan perangkat administrasi di ruang kelas. Evaluasi yang konsisten setiap kelas usai, dapat berbentuk intropeksi diri maupun sesi kesan dan pesan yang memungkinkan murid-murid untuk mengkritisi saya secara langsung mengenai preferensi mereka.

Jika kesulitan anak tidak dapat diatasi sendiri oleh orangtua, sebaiknya orang tua mencari penyelesaian dengan bantuan orang lain. Misalnya anak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal pekerjaan rumah matematika karena tingkat penguasaan materi anak yang lemah. Orangtua dapat mencari pendamping belajar anak agar anak tidak tertinggal dalam mata pelajaran tersebut. Jika posisi saya seperti pada kasus diatas maka saya akan mencoba untuk tidak overthinking dan berfikir positif. Memang wajar panik jika sebelumnya tidak memiliki pengalaman lalu dihadapkan dengan mengajar banyak siswa apalagi banyak yg aktif.

Comments are Disabled