Tanamkan Karakter Toleransi Sejak Dini

Tapi keragaman bukan menjadi masalah kalau kita tulus dan komitmen untuk menghargai pendapat mereka ya. Norma hukum, yaitu norma yang dibuat masyarakat secara resmi yang pemerlakuannya dapat dipaksa. Norma Kesopanan atau adat, yaitu yang bersumber dari masyarakat atau dari lingkungan masyarakat yang bersangkutan.

Kami menyadari jika kita ingin orang lain melakukan sikap toleransi dan peduli, kita harus melakukan hal tersebut juga karena kita merupakan makhluk sosial. Makhluk sosial sendiri berarti kita membutuhkan orang lain untuk hidup. Oleh karena itu, kita harus memiliki sikap toleransi serta peduli terhadap sesama.

Hal itu dilakukan agar semua lapisan masyarakat mendapat pengetahuan akan pentingnya kedua hal tersebut sedini mungkin dan dapat mendapat pengetahuan dari manapun termasuk sosial media. Dengan melakukan proyek ini, tidak hanya menambah edukasi untuk masyarakat. Namun, hal itu dapat meningkatkan toleransi serta sikap saling peduli terhadap sesama kami sendiri.

Melatih sikap toleran kita

Atau, adakah keterampilan interpersonal yang belum dikuasai dan ingin dipelajari? Kemampuan interpersonal yang baik memiliki dampak yang baik pula dalam hidup. Misalnya belajar mengenai kebudayaan dari suku lain, atau menghargai teman yang sedang beribadah. Manfaat pertama dari keberagaman karakteristik individu adalah mengajarkan kita untuk bertoleransi. Dengan adanya keberagaman karakteristik ini, ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kita.

Pendidikan karakterpun harus ditegakkan dalam lingkungan masyarakat. Dengan membentuk kegiatan kegiatan positif seperti memberikan pelayanan dan bantuan terhadap anak kebutuhan khusus, orang miskin, dan daerah yang terkena bencana alam, semua warga pun harus ikut aktif berpartisipasi. Dengan berkumpulnya semua warga desa kita dapat berbaur dan tahu akan perbedaan yang dapat melatih sikap toleransi, peduli sesama, dan hidup rukun.

Mereka berasal dari pelarian IM Mesir, aktivis IM yang ditampung Saudi, pegiat IM cabang Afghanistan, dan pejuang lokal dari berbagai suku. Organisasinya ada Jamiat-e Islami, Hezb-e-Islami, Ittehad-e Islami, Maktab al-Khidmât, Bait al-Anshâr, Harkat ul-Mujahideen. Tokoh-tokohnya seperti Burhanuddin Rabbani, Gulbuddin Hekmatyar, Abdullâh Azzâm, Osâma bin Lâden, Fazlur Rahmân Khalîl, Jalaluddîn Haqqanî, dan Mullah Omar. Setelah materi selesai disampaikan, langsung kita lakukan praktik ditempat dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan diminati oleh warga yang mempunyai UMKM dan kelanjutan dari kegiatan tersebut rencananya melakukan survei kembali ke tempat UMKM yang mengikuti pelatihan tersebut untuk melihat perkembangannya. Saat ini, kedua platform tersebut mempunyai banyak pengguna sehingga dapat membantu pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualanya jika dilakukan dengan tepat.

Ada orang yang ingin kaya secara cepat dan mendadak, tanpa mau bersusah payah bekerja dan banting tulang, maka jalan pintasnya adalah merampas milik orang lain atau menemui dukun untuk menggandakan uang. Dan banyak lagi yang lainnya sebagai contoh orang-orang yang mengabaikan proses. Dengan mengantri orang akan belajar untuk membabat mental menerabas dan menghilangkan sifat yang ingin segala sesuatu secara instan. Dalam kenyataan, tidak ada segala sesuatu itu didapat secara mudah kecuali harus melewati proses sesuai dengan standar hukum kehidupan. Dengan karakter kita yang baik bukan hanya kita merasa senang , orang orang disekitar kita pun juga akan nyaman dengan kita. Ketika Anda hendak memilih sekolah untuk anak, kegiatan usai sekolah, atau kegiatan selama liburan seperti vacation camp, pertimbangkan keragaman yang akan ia temui.

Berdasarkan arti secara bahasa, dimaknai bahwa toleransi adalah kemampuan setiap orang untuk bersabar dan menahan diri dari hal-hal yang tidak sejalan dengannya. Bentuk sosial yang akan menjaga keutuhan persaudaraan, tanpa memandang perbedaan. Toleransi adalah sebuah sikap yang dimiliki seseorang dalam memperbolehkan adanya suatu perbedaan dari orang dengan dirinya.

Comments are Disabled