Catat Rekor, Ini Nilai Ekspor Indonesia Periode Agustus 2021

Tidak ada yang tidak mungkin bukan bagi pelaku UKM untuk melakukan ekspor? Jadi jangan pernah takut untuk memperluas ke pasar ekspor, apalagi dengan penuhnya persaingan di pasar domestik. Dengan adanya ekosistem pendukung ini, prioritas utama kita untuk sukses ekspor adalah memenuhi standar ekspor yang dibutuhkan oleh target pasar. Setelah standar kita bisa terpenuhi, maka UKM pasti bisa dengan mudah melakukan ekspor dengan memanfaatkan ekosistem pendukung.

Ekspor

Selain itu, promosi terintegrasi untuk mendorong peningkatan ekspor Indonesia telah dilakukan Pemerintah melalui Kementerian dan Lembaga antara lain Kementerian Pariwisata, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Perdagangan. Dalam upaya meningkatkan ekspor Indonesia, Pemerintah telah melakukan perjanjian kerja sama perdagangan regional dan internasional, baik kerja sama bilateral maupun multirateral. Umumnya sifat kerja sama perdagangan internasional ini adalah blok pasar, perluasan pasar melalui Free Trade Agreement , dan pertukaran potensi ekonomi (Comprehensive Economic Partnership – CEP). Dalam komposisi ekspor Indonesia, pangsa ekspor produk manufaktur mengalami penurunan tajam dari tahun ke tahun. Sementara itu, pangsa ekspor komoditas primer relatif stabil terbantu oleh harga komoditas yang tinggi. Suatu negara menyandang branding produk atau jasa tertentu karena negara tersebut mengekspor produk, jasa, atau komoditi ke negara lain dalam perdagangan internasional.

Dengan demikian, impor bahan baku/penolong hanya memiliki ruang sebesar USD21,5 Miliar sampai akhir tahun 2021 untuk menjaga goal penurunan impor tercapai. Sejalan dengan peningkatan ekspor, sisi impor Indonesia pada Agustus 2021 mencapai US$16,68 miliar, meningkat sebesar 10,35% atau fifty five,26% . Mobilitas masyarakat yang mulai meningkat seiring dengan pelonggaran PPKM menjadi indikasi penyebab peningkatan. “Pencapaian ini mengindikasikan pemulihan ekonomi Indonesia yang terus berlanjut sejalan dengan pemulihan permintaan international. Hal ini ditunjukkan dengan terus meningkatnya quantity ekspor dan harga komoditas andalan Indonesia seperti Batubara sebesar eleven,04% dan CPO sebesar 6,85% ,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Setelah pandemi berakhir, ini menjadi harapan besar Indonesia untuk menjalin kerja sama bilateral yang menguntungkan,” katanya. Kini, penyampaian SKA harus dilakukan dengan pengiriman melalui surat elektronik atau media elektronik lainnya dalam jangka waktu paling lambat 30 hari kalender sejak pemberitahuan pabean impor atau PPFTZ-01 pemasukan. Ketentuan ini berlaku terhadap Pemberitahuan Impor Barang yang diterbitkan sejak penetapan pandemi covid-19 oleh WHO. Di lapangan, terdapat perubahan proses impor untuk penyerahan dokumen Certificate of Origin atau Surat Keterangan Asal ke petugas Bea Cukai. Hal ini mengubah pula proses pengadministrasian dan pemanfaatan fasillitas impor menggunakan tarif preferensi bea masuk.

Mereka mengambil keuntungan berupa komisi (normalnya 5-10 persen) dari total nilai penjualan, yang dibayar oleh eksportir sesuai kesepakatan di awal. Jenis importir ini mengimpor produk untuk bahan baku industri pengolahannya. Namun, karena quantity produksinya besar, sehingga permintaan impor mereka juga besar. Mereka pun juga masih menuntut berbagai sertifikasi untuk menunjukkan kualitas. Ini terkadang yang menjadi halangan bagi UKM untuk mendapatkan kontrak pembelian dari mereka.

Selain itu, pemerintah juga berkomitmen menjalani proses baku penyelesaian sengketa di WTO terkait bahan mentah Indonesia dan hambatan perdagangan produk biodiesel berbahan baku minyak sawit oleh Uni Eropa ,” jelas Mendag Lutfi. Untuk besi dan baja, Indonesia merupakan negara penghasil komoditas tersebut terbesar kedua di dunia setelah Tiongkok. Pada 2020, komoditas besi baja menempati urutan ke-3 pada ekspor nonmigas Indonesia dengan kontribusi sebesar 7 persen atau senilai USD 10,85 miliar. Pertumbuhan ekspor besi baja juga cukup signifikan mencapai 46,eighty four persen . Menurut dia, neraca perdagangan nonmigas surplus US$ 1,sixty seven miliar dan defisit migas US$ 932,6 juta.

Sebagai akibatnya benih menjadi busuk atau _damping off_ sebelum atau sesudah benih berkecambah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan nilai ekspor, Kementerian Perdagangan akan membantu para pelaku UMKM meningkatkan nilai ekspornya. Selain itu, dengan mendorong 1 juta UMKM di tahun depan, Mendag berharap jumlah eksportir dari UMKM pun dapat bertambah. Menurutnya kerja sama internasional baik secara bilateral dan multilateral akan dimanfaatkan untuk mendukung perdagangan internasional baik barang maupun jasa. “Pemerintah turut menopang dan mendorong pemulihan serta penguatan ekspor sektor jasa di antaranya melalui kelanjutan strategi pengembangan dan promosi daerah wisata Indonesia,” ucapnya. GAPKI mencatat nilai ekspor produk minyak sawit bulan Mei 2021 mencapai USD3,063 miliar.

Nilai perdagangan ini meningkat pesat dari tahun 2015 yang hanya berkisar US$1,7 miliar. Banyak negara memfokuskan pada sektor tertentu untuk mendorong kinerja ekspor negaranya. Para ekonom telah lama mengingatkan bahwa dalam jangka waktu panjang, negara yang punya strategi dan fokus ekonomi yang jelas akan memiliki kemakmuran yang lebih dibandingkan dengan negara yang tidak mempunyai fokus pembangunan yang jelas. Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia mencatat bahwa selama sepuluh tahun terakhir – tahun 2006 sampai dengan tahun 2016, kecenderungan nilai ekspor Indonesia terus meningkat, namun di sisi lain volume impor dunia berkembang lebih tinggi. Akibatnya, pangsa ekspor Indonesia terhadap impor dunia relatif hanya kurang dari 1%. Penciptaan branding suatu negara karena perdagangan ekspor juga menghasilkan surplus perdagangan internasional atau sering kita kenal penciptaan devisa negara.

“Upaya mendorong ekspor komoditas IKM tidak hanya akan dilakukan pada kedua komoditas tersebut. Pemerintah bersama seluruh stakeholders terus berupaya menyusun berbagai program dan insentif yang relevan pada seluruh komoditas IKM berbasis ekspor. Dengan demikian, seluruh IKM yang bergerak di berbagai sektor dapat terus berkontribusi dalam menopang ekspor Indonesia secara keseluruhan,” tutup Menko Airlangga. Dia mengungkapkan, untuk menjaga aktivitas industri terus berjalan pada tren positif, Kementerian Perindustrian senantiasa memberikan kemudahan izin berusaha, memfasilitasi insentif, dan memberikan dukungan perluasan pasar ekspor.

Porsi ekspor batu bara ADRO juga terbilang tinggi, yaitu 75,23%, dibandingkan total pendapatan perusahaan per semester I 2021 yang sebesar US$ 1,56 miliar. Keuntungan diperoleh karena harga barang impor yang dijual bisa lebih murah ketimbang barang atau jasa yang sama yang diproduksi di dalam negeri. Sementara non-migas seperti hasil-hasil pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, kerajinan, barang industri, dan mineral hasil tambang. Sehingga, kelebihan produksi barang tersebut bisa dikirim untuk dijual di negara lain. Saat melakukan ekspor, maka negara tersebut akan menerima pemasukan yang biasa disebut sebagai devisa.

Comments are Disabled