Peran Guru Dalam Pendidikan

Selain itu, saya setuju dengan pendapat mbak Kanaesya mengenai punishment yang mendidik saat dirasa murid bother maker tidak mengindahkan peringatan-peringatan sebelumnya. Menurut saya kita tidak perlu bingung dan panik untuk menjalin komunikasi dengan guru-guru senior disana. Karena dengan kita menjalin hubungan yang baik dengan guru senior akan menambah wawasan kita sebagai guru baru.

Pemahamanyaitu kedalaman kognitif dan afektif yang dimiliki oleh individu. Kebutuhan belajar dan bagaimana melakukan pembelajaran terhadap peserta didik sesuai dengan ke-butuhannya. Leading,merupakan fungsi manejer untuk mengarahkan dan meng- koordinasikan orang untuk menjalan- kan pekerjaan agar tujuan dapat dicapai. Manejer memotivasi pekerja, mengarahkan aktivitas pekerja, memilih saluran komunikasi yang efektif, atau menyelesaikan konflik di antara anggota, dan mereka terikat untuk memimpin bawahan untuk mewujudkan tujuan organisasi.

Berlatih untuk memperkenalkan diri dan memberi motivasi yang membangun untuk siswa, lalu baru memulai masuk ke materi pembelajaran. Serta saya juga perlu untuk dapat mengusai kondisi di dalam kelas dengan lebih aktif berkomunikasi dengan murid-murid saya di kelas. Seperti dengan berjalan maju mendekati murid-murid di ruang kelas. Dengan menciptakan suasana yang menyenangkan maka kegiatan belajar mengajarpun dapat mudah terlaksana dan mudah dipahami siswa. Izin menananggapi, saya setuju dengan pendapat mbak siti muthoharoh. Menurut J. Piaget, awal masa remaja terjadi transformasi kognitif yang besar menuju cara berpikir yang lebih abstrak, konseptual, dan berorientasi ke masa depan .

Mendidik junior, dan anak didik menjadi pribadi yuang lebih baik

Untuk pertanyaan bagaimana bila kita langsung ditunjuk jadi wali kelas. Walaupun kita belum memiliki pengalaman dan di akui sebagai guru yang profesional tetapi kita harus sudah memiliki sifat-sifat profesional. Kita harus menunjukkan kalau kita memang layak diterima dan di panggil sebagai seorang guru. Izin menanggapi pak, apabila posisi saya dalam kasus tersebut maka yang akan saya lakukan pertama kali yaitu datang berkunjung ke sekolah tersebut dan survei mengamati kelas mana yang akan saya ajar beberapa hari sebelum saya mengajar.

Pengetahuanyaitu kesadaran dalam bidang kognitif, misalnya seorang guru mengeta-hui cara melakukan identifikasi. Controlling,merupakan aktivitas untuk meyakinkan bahwa semua hal berjalan seperti seharusnya dan memonitor kinerja organisasi. Kinerja aktual harus dibandingkan dengan tujuan yang ditetapkan sebelumnya. Jika terdapat deviasi yang signifikan, dilakukan koreksi dan dikembalikan kejalur yang tepat. Dengan demikian,controllingmelakukan koreksi terhadap pe- laksanaan untuk mengetahui apakah tujuan dapat dicapai.

Hmmm… Mungkin kita terlalu banyak memberikan materi pelajaran yang terlalu serius. Menggunakan metode belajar sambil bermain adalah suatu hal yang mutlak untuk diterapkan. Misalnya mengajarkan penjumlahan dengan cara menghitung jumlah pintu di sekolah, jumlah kursi di kelas, dan masih banyak cara yang lain. Mobile Edukasi sudah ada aplikasi yang memiliki fitur untuk membantu kamu, anak kamu, atau adik kamu belajar tambahan diluar kegiatan belajar di sekolah kemudahan yang bisa kita dapatkan pelajaran yang lebih. Suasana harmonis dan saling memahami antara orang tua dan remaja, dapat menciptakan komunikasi yang baik.

Mahasiswa kampus ini menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di SDN Karang Anyar 2 Subang baru-baru ini. Mahasiswa seolah jadi guru dadakan bagi siswa di sekolah ini dengan mengajari berbagai pengetahuan. Pendidikan merupakan “lifelong learning” yang berproses pada pengembangan dan pendewasaan diri secara berjenjang dan berkelanjutan melalui pembinaan untuk pencapaian pribadi yang utuh. Karena hal tersebut maka SMA Katolik St. Louis 1 mengadakan pembinaan terhadap seventy eight guru yang mengajar di St. Louis 1. Jumlah guru yang tidak sedikit ditengah situasi pandemi COVID 19, membuat pembinaan ini dibagi menjadi three kelompok terpisah, antara lain kelompok junior, medior dan senior. Pembagian kelompok disesuaikan dengan masa kerja guru tersebut bekerja di St. Louis 1.

Menurut Inu, korban kekerasan hingga tewas di IPDN kebanyakan dari Provinsi Papua, Kalimantan, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Karena itu, ia minta aparat kepolisian mengusut tewasnya 18 praja IPDN tersebut. “Penyebab kematian mereka harus diusut tuntas karena mereka meninggal tidak wajar,” ujarnya.

Selain itu saya harus bisa berkomunikasi yang baik dengan para siswa, ramah, murah senyum, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga para siswa senang, nyaman sehingga proses belajar mengajarpun dapat terlaksana dengan baik dan siswa pun mudah memahami materi yang telah saya sampaikan di kelas. Rasa panik ada karena kita belum mengetahui karakter dari siswa dan memiliki cara dalam mengelola pembelajaran nantinya. Dengan begitu tentu kita memiliki waktu untuk belajar dan bertanya kepada para guru senior mengenai murid-murid yang mana saja yang aktif dan pertanyaan lain yang mungkin berkaitan.

Izin menjawab pak, perasaan nervous atau panik itu manusiawi dan setiap manusia pasti sering merasakannya ketika masuk pertama sekolah atau yang lain. Jika saya dalam keadaan tersebut yang pertama saya akan menghilangkan pikiran negatif saya walaupun kadang cara itu tidak mempan tapi bisa dicoba dahulu. Setelah itu, akan beradaptasi terlebih dahulu dengan teman-teman seprofesi guru dan senior-senior yang lain dengan awal meperkenalkan diri dengan sopan dan baik tidak lupa senyum. Setelah itu ketika akan mengajar saya akan bertanya kepada guru-guru yang lain yang pernah mengajar dikelas yang diajar nanti seperti bagaimana sikap setiap siswa, siapa siswa yang cerdas dan tertib, siapa saja siswa yang bandel atau nakal sehingga siap psychological dan batin untuk mendidik anak tersebut.

Comments are Disabled