Sikap Kepemimpinan Dalam Organisasi Untuk Mencapai Tujuan

Namun para penjajah tidak bisa menghapuskan sentimen nasionalisme yang telah tertanam di hati bangsa Indonesia. Orang-orang Indonesia, di sisi lain, tidak cukup kuat untuk melawan pemimpin kolonialis dan karenanya membutuhkan bantuan dari luar untuk menghancurkan sistem kolonial. Hal ini lantaran politik seringkali dianggap sebagai suatu wadah yang tepat untuk melancarkan kepentingan pribadi hingga kelompok. Ketika individu atau kelompok ingin mencapai suatu kekuasaan yang dilegitimasi, biasanya akan timbul dengan sendirinya perasaan fanatisme terhadap identitas yang melekat padanya.

memiliki sebuah sikap kepemimpinan

Meski nyaris menjadi misi bunuh diri, para tentara dari Pursuit Squadron berkali-kali melakukan serangan mendadak sampai Bataan jatuh pada bulan Mei 1942. Pursuit Squadron ke-17 merupakan suatu tim yang dipimpin oleh orang-orang berintegritas yang mampu bertahan dalam perjalanan panjang menuju kejayaan. Itulah teladan dari kesetiaan terhadap pekerjaan, suatu integritas yang harus dimiliki setiap pemimpin. Untuk menegakkan prinsip integritas diatas, maka setiap individu harus mampu memahami makna dan arti integritas yang dapat diaplikasikan dalam kehidupannya. Pemimpin yang lahir dengan sifat melayani tidak suka menghakimi dan mereka akan menghormati tantangan dan keadaan yang dimiliki bawahannya.

Kerja sama yang didasarkan pada kemitraan akan membawa kinerja unit kerja menjadi lebih baik. Berdasarkan kondisi masing-masing karakteristik dalam konteks yang berbeda , bagaimana seorang pemimpin harus berperan dalam karakteristik dan tingkat kompleksitas sistem yang berbeda tersebut? Kerangka Cynefin dapat digunakan untuk memetakan peran kepemimpinan yang dibutuhkan dalam berbagai konteks dan situasi seperti terlihat dalam tabel di bawah ini. Berbeda dengan dua domain di atas, area complex dicirikan oleh adanya sejumlah karakter yang cenderung berbeda. Antara lain adanya kondisi yang tidak dapat diprediksi kecenderungannya, tidak ada jawaban yang paling tepat untuk menjawab masalah, jawaban terhadap masalah mengikuti kencenderungan yang lahir dalam situasi tersebut dan banyak ide saling berkompetisi untuk menyelesaikan masalah. Pendekatan solusi-terapan dimulai dengan memahami berbagai kemungkinan, dilanjutkan dengan melakukan pertimbangan yang bermakna dan berkualitas agar dapat menerapkannya dengan cepat.

Untuk menjadi delegator yang efektif, Anda harus terlebih dahulu memiliki pemahaman yang jelas tentang ruang lingkup dan kerangka waktu proyek. Ini juga membutuhkan pemahaman yang baik tentang keahlian masing-masing anggota tim. Sebagai saran, gunakan sistem untuk merampingkan produktivitas sebanyak mungkin. Memiliki sistem standar untuk menangani e mail, dokumen, manajemen waktu, dan apa pun yang Anda bisa. Jika suatu waktu kamu mendapat kesempatan menjadi pemimpin, kita sedikit banyak sudah mengerti bagaimana cara memimpin melalui pengalaman yang kamu dapatkan yang dikolaborasikan dengan karakter dan situasi yang sedang kita hadapi. Jiwa Leadership sangatlah dibutuhkan pada suatu dunia pekerjaan yang kita lakukan.

Gaya kepemimpinan yang cenderung mampu mengelola dinamika proses yang terjadi adalah gaya kepemimpinan ‘risk taker’. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar seorang pemimpin mampu menjalankan kepemimpinan yang berani menghadapi dan mengambil risiko. Diantaranya adalah zona nyaman , tantangan , inovasi , dan rasa percaya diri .

Nah, itulah dia 5 sikap pemimpin perusahaan yang dapat meningkatkan penjualan bisnis. Selain memiliki sikap-sikap di atas, Anda juga perlu memiliki SDM mumpuni yang akan membantu Anda mewujudkan visi Anda. Selanjutnya, untuk tingkat kematangan yang mampu dan mau/yakin , maka gaya kepemimpinan yang sesuai adalah gaya “Delegasi”, karena orang/bawahan seperti ini adalah mampu melaksanakan tugas dan mau/yakin.

Comments are Disabled