Sosok Guru Profesional Yang Ideal Ala Ki Hajar Dewantara

Sebaiknya kita melakukan pendekatan Dan saling mengenal dahulu agar kita dengan peserta didik lebih akrab sehingga tercipta suasana kelas yang hangat. Izin menanggapi pertanyaan mba siti muthoharoh, mengenai pendapat mba ismatul azimah tentang punishment untuk siswa yang sulit diatur. Mohon maaf sebelumnya, izin menanggapi pendapat Mbak Ismatul Azimah, terkait punishment untuk siswa yang sulit diatur, kira-kira akan memberikan punishment yang seperti apa? Karena terkadang siswa yang sulit diatur jika diberikan hukuman atau sejenisnya itu malah semakin menjadi. Kedua faktor tersebut menunjukkan bahwa guru sebagai ahli pendidikan dan pengajaran harus mampu dan memiliki kesadaran, keinginan dan kemauan untuk selalu meningkatkan kompetensinya, sehingga diharapkan guru menjadi lebih kompeten dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Selain itu ditunjang juga dengan upaya-upaya dari luar, seperti sarana dan prasarana serta kegiatan-kegiatan pembinaan dan pengembangan kompetensi guru dalam upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam pengajaran (pendidikan dan pelatihan, seminar, penataran-penataran).

Sementara itu, salah satu mahasiswa lainnya, Riska Aulya, mahasiswi semester 2 jurusan Sistem Informasi UBSI Cikampek menyampaikan, sangat penting untuk mendidik generasi penerus bangsa, agar mereka dapat bertumbuh besar menjadi pribadi yang lebih baik dan berpendidikan. Anak-anak mudah memiliki cita-cita yang tak terbatas, pihaknya juga harus membimbing mereka untuk dapat menggapai mimpi. “Tujuan kami mengadakan kegiatan ini, selain belajar juga ingin memberikan manfaat kepada banyak orang sebagai mahasiswa,” pungkasnya. Ia mengaku, para peserta didik sekolah tersebut antusias mengikuti kegiatan tersebut. Mereka belajar tentang kerjasama antar kelompok, bermain game susun pancasila, menuliskan cita-cita lalu menggantungnya di pohon harapan, dan menanam pohon di depan kelas. “Kegiatan ini berjalan dengan lancar, antusiasme dari anak-anak membuat kita semangat, kita juga tahu beberapa anak yang mempunyai bakat, diantaranya ada yang menghapal Alquran, albarzanji, membaca puisi, menari dan lainnya,” akunya.

Semangat keikhlasan ini akan mampu meluluhkan hati dan jiwa keras anak didik mereka. Apalagi jika ditambah dengan kemauan guru untuk mendoakan anak didik demi kesuksesan mereka, maka aspek religious menjadi penyempurna kelebihan guru. Guru akan terlihat bercahaya dan berwibawa, berpikir positif dan selalu optimis dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, hal ini akan berimbas pada kualitas siswa. Dengan melihat kenyataan pada kondisi pendidikan di Indonesia baik dari segi sistem pendidikan, kualitas para pendidik, proses belajar mengajar, dan hasil dari proses pendidikan itu sendiri masih banyak menimbulkan masalah. Misalnya masih banyak widyaiswara / guru, dosen, widyaiswara yang kurang profesional dalam mendidik dan mengajar, tidak meratanya pendidikan, tujuan pendidikan yang lebih mementingkan kecerdasan rasio, dan lain sebagainya.

Tidak hanya melulu anak harus menghadap papan tulis, kadang kita juga bisa mengubah formasi tempat duduk menjadi sebuah lingkaran dan kita mengajar di tengah, kadang hanya memakai karpet, dan masih banyak lagi. Website IDAI merupakan wadah informatif, baik bagi para dokter anak, maupun seluruh masyarakat, pemerintah, dan stakeholder kesehatan lain di Indonesia dalam bersinergi mewujudkan putra-putri bangsa yang lebih sehat. Dalam website ini, tersedia berbagai referensi, rekomendasi, dan informasi seputar kesehatan anak lainnya yang selalu updated. Selain ketiga masalah psikososial yang sering terjadi pada remaja seperti yang disebutkan dan dibahas diatas terdapat pula masalah masalah lain pada remaja seperti tawuran, kenakalan remaja, kecemasan, menarik diri, kesulitan belajar, depresi dll. Semua masalah tersebut perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak mengingat remaja merupakan calon penerus generasi bangsa.

Mendidik junior, dan anak didik menjadi pribadi yuang lebih baik

Dan dari penguatan itu, saya dapat bertanya banyak hal mengenai guru lain yang bertugas sebagai wali kelas terkait tugas-tugas walikelas serta cara-cara memanajemen kelas dengan baik. Assalamu’alaikum mbak Isma, saya ingin menanggapi pernyataan anda. Saya kurang setuju dengan pendapat mbak Isma mengenai hukuman meminta mengajar di kelas. Tapi saya setuju jika kita harus mengetahui latar belakang dan karakter peserta didik tersebut. Pada edmodo memukingkan guru untuk memberikan tugas maupun soal-soal kepada muridnya secara digital dan murid dapat berkomunikasi dengan lebih baik ketika mendapatkan pelajaran. Selain guru dan murid peroses belajar menggunakan Edmodo juga melibatkan orang tua sebagai pengawasan, peran orang tua yang besar dalam mendidik anak mereka.

Comments are Disabled